LA 1 MODUL 1 (MIKRO)
- Led RGB, Touch Sensor, & Sensor Infrared
Sensor Infrared (IR Obstacle Sensor)
- OUT dari sensor infrared terhubung ke PA0 pada STM32.
-
Sensor Sentuh (Touch Sensor)
- OUT dari sensor sentuh terhubung ke PB1 pada STM32.
-
LED RGB (D1)
- Katoda LED RGB terhubung ke ground.
- Anoda LED RGB memiliki resistor seri:
- R1 (110Ω) → Terhubung ke PB0.
- R2 (110Ω) → Terhubung ke PB7.
- R3 (110Ω) → Terhubung ke PB6.
-
Pull-up Resistor (R4)
- Terhubung ke PA8.
- PA0 (Input dari IR sensor)
- PB1 (Input dari Touch sensor)
- PB0, PB7, PB6 (Output ke LED RGB)
- PA8 (Kemungkinan digunakan sebagai pull-up atau kontrol)
Jadi, pin STM32 yang digunakan dalam rangkaian ini adalah:
2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
Hardware yang digunakan dalam rangkaian ini meliputi:
1. Mikrokontroler:
- STM32F103C8 (MCU utama)
- Digunakan untuk memproses sinyal dari sensor dan mengendalikan output ke LED.
- Digunakan untuk memproses sinyal dari sensor dan mengendalikan output ke LED.
2. Sensor:
- Infrared Sensor (IR Obstacle Sensor)
- Digunakan untuk mendeteksi objek di depan sensor berdasarkan pantulan sinyal inframerah.
- Digunakan untuk mendeteksi objek di depan sensor berdasarkan pantulan sinyal inframerah.
- Touch Sensor
- Digunakan untuk mendeteksi sentuhan sebagai input ke sistem.
- Digunakan untuk mendeteksi sentuhan sebagai input ke sistem.
3. LED dan Resistor:
- RGB LED (D1)
- LED dengan tiga warna yang dikendalikan oleh STM32.
- Resistor seri untuk LED RGB:
- R1 (110Ω), R2 (110Ω), R3 (110Ω) – Membatasi arus ke LED RGB agar tidak rusak.
- R1 (110Ω), R2 (110Ω), R3 (110Ω) – Membatasi arus ke LED RGB agar tidak rusak.
- Test Pin
- Digunakan untuk debugging dan pengukuran sinyal output dari sensor.
- PCB / Breadboard (opsional)
- Untuk merakit rangkaian jika diuji secara praktis.
- STM32F103C8 (MCU utama)
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja[Kembali]
Prinsip Kerja :
1. Sensor Infrared (IR Obstacle Sensor)
- Sensor infrared (IR) menggunakan pemancar dan penerima inframerah.
- Ketika ada objek di depan sensor, cahaya inframerah dipantulkan kembali dan diterima oleh fotodioda, sehingga output sensor menjadi LOW (0).
- Jika tidak ada objek, maka tidak ada cahaya yang dipantulkan, sehingga output sensor menjadi HIGH (1).
- Output dari sensor ini terhubung ke PA0 pada STM32.
2. Sensor Sentuh (Touch Sensor)
- Sensor ini mendeteksi sentuhan manusia pada permukaannya.
- Jika disentuh, maka output sensor menjadi HIGH (1).
- Jika tidak disentuh, output sensor tetap LOW (0).
- Output sensor ini terhubung ke PB1 pada STM32.
3. Mikrokontroler (STM32F103C8)
- STM32 membaca sinyal dari kedua sensor (IR dan sentuh).
- Berdasarkan kombinasi dari kedua sensor, STM32 akan mengontrol LED RGB.
- Pin output PB0, PB7, PB6 digunakan untuk mengendalikan warna LED RGB melalui resistor R1, R2, R3.
4. Kontrol LED RGB
- LED RGB dikendalikan oleh STM32 berdasarkan kondisi sensor.
- Contoh skenario kontrol:
- Jika IR Sensor mendeteksi objek → LED menyala warna merah.
- Jika Touch Sensor disentuh → LED menyala warna biru.
- Jika kedua sensor aktif (IR & Touch) → LED menyala warna hijau.
- Jika tidak ada aktivitas sensor → LED mati.
4. Flowchart dan Listing Program[Kembali]
Flowchart
Listing Program
#include "main.h"
void SystemClock_Config(void);
static void MX_GPIO_Init(void);
int main(void)
{
HAL_Init();
SystemClock_Config();
MX_GPIO_Init();
while (1)
{
uint8_t ir_status = HAL_GPIO_ReadPin(GPIOB, IR_Pin); // Membaca IR sensor
(PB10)
uint8_t touch_status = HAL_GPIO_ReadPin(GPIOB, TOUCH_Pin); // Membaca
Touch Sensor (PB6)
// LED Biru menyala jika IR aktif
HAL_GPIO_WritePin(BLUE_GPIO_Port, BLUE_Pin, ir_status);
// LED Hijau menyala jika Touch aktif
HAL_GPIO_WritePin(GPIOA, GREEN_Pin, touch_status);
// LED Merah menyala jika tidak ada sensor yang aktif
if (ir_status == GPIO_PIN_RESET && touch_status == GPIO_PIN_RESET) {
HAL_GPIO_WritePin(GPIOA, RED_Pin, GPIO_PIN_SET); // Nyalakan LED
RED
} else {
HAL_GPIO_WritePin(GPIOA, RED_Pin, GPIO_PIN_RESET); // Matikan LED
RED
}
HAL_Delay(10); // Delay kecil untuk stabilisasi pembacaan sensor
}
}
void SystemClock_Config(void)
{
RCC_OscInitTypeDef RCC_OscInitStruct = {0};
RCC_ClkInitTypeDef RCC_ClkInitStruct = {0};
RCC_OscInitStruct.OscillatorType = RCC_OSCILLATORTYPE_HSI;
RCC_OscInitStruct.HSIState = RCC_HSI_ON;
RCC_OscInitStruct.HSICalibrationValue = RCC_HSICALIBRATION_DEFAULT;
RCC_OscInitStruct.PLL.PLLState = RCC_PLL_NONE;
if (HAL_RCC_OscConfig(&RCC_OscInitStruct) != HAL_OK)
{
Error_Handler();
}
RCC_ClkInitStruct.ClockType =
RCC_CLOCKTYPE_HCLK|RCC_CLOCKTYPE_SYSCLK
|RCC_CLOCKTYPE_PCLK1|RCC_CLOCKTYPE_PCLK2;
RCC_ClkInitStruct.SYSCLKSource = RCC_SYSCLKSOURCE_HSI;
RCC_ClkInitStruct.AHBCLKDivider = RCC_SYSCLK_DIV1;
RCC_ClkInitStruct.APB1CLKDivider = RCC_HCLK_DIV1;
RCC_ClkInitStruct.APB2CLKDivider = RCC_HCLK_DIV1;
if (HAL_RCC_ClockConfig(&RCC_ClkInitStruct, FLASH_LATENCY_0) != HAL_OK)
{
Error_Handler();
}
}
static void MX_GPIO_Init(void)
{
GPIO_InitTypeDef GPIO_InitStruct = {0};
__HAL_RCC_GPIOD_CLK_ENABLE();
__HAL_RCC_GPIOA_CLK_ENABLE();
__HAL_RCC_GPIOB_CLK_ENABLE();
/*Configure GPIO pin Output Level */
HAL_GPIO_WritePin(GPIOA, RED_Pin|GREEN_Pin, GPIO_PIN_RESET);
/*Configure GPIO pin Output Level */
HAL_GPIO_WritePin(BLUE_GPIO_Port, BLUE_Pin, GPIO_PIN_RESET);
/*Configure GPIO pins : RED_Pin GREEN_Pin */
GPIO_InitStruct.Pin = RED_Pin|GREEN_Pin;
GPIO_InitStruct.Mode = GPIO_MODE_OUTPUT_PP;
GPIO_InitStruct.Pull = GPIO_NOPULL;
GPIO_InitStruct.Speed = GPIO_SPEED_FREQ_LOW;
HAL_GPIO_Init(GPIOA, &GPIO_InitStruct);
/*Configure GPIO pin : BLUE_Pin */
GPIO_InitStruct.Pin = BLUE_Pin;
GPIO_InitStruct.Mode = GPIO_MODE_OUTPUT_PP;
GPIO_InitStruct.Pull = GPIO_NOPULL;
GPIO_InitStruct.Speed = GPIO_SPEED_FREQ_LOW;
HAL_GPIO_Init(BLUE_GPIO_Port, &GPIO_InitStruct);
/*Configure GPIO pins : IR_Pin TOUCH_Pin */
GPIO_InitStruct.Pin = IR_Pin|TOUCH_Pin;
GPIO_InitStruct.Mode = GPIO_MODE_INPUT;
GPIO_InitStruct.Pull = GPIO_NOPULL;
HAL_GPIO_Init(GPIOB, &GPIO_InitStruct);
}
void Error_Handler(void)
{
__disable_irq();
while (1)
{
}
}
#ifdef USE_FULL_ASSERT
void assert_failed(uint8_t *file, uint32_t line)
{
}
#endif /* USE_FULL_ASSERT */
-
Komentar
Posting Komentar